June 30, 2013

[Renungan] Interpersonal Skill dalam Lingkungan Kerja


Dalam bekerja, kita senantiasa perlu berhubungan dengan orang lain termasuk klien, rekan kerja, atasan, bawahan, dan supplier, baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterampilan interpersonal yang baik akan dapat membedakan diri kita dari orang lain.

Sebenarnya interpersonal skill merupakan paduan dari berbagai keterampilan lainnya dan berikut adalah beberapa diantaranya :

Komunikasi Efektif
Kita perlu mampu berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis, lisan, maupun non verbal. Agar dapat memotivasi produktivitas tim, mengelola konflik dan mengekspresikan diri secara jelas pada orang lain, kita perlu meningkatkan kemampuan untuk mengkomunikasikan maksud secara jelas dan di pahami orang lain.

Banyak orang belum menyadari bahwa komunikasi efektif juga mencakup keterampilan mendengarkan secara empatik sebelum mengutarakan pemikiran pribadi. Inilah mengapa banyak orang bijak mengatakan bahwa Yang Maha Kuasa menganugerahkan manusia satu mulut dan dua telinga.

Sikap Mental Positif
Sikap mental positif tidak hanya mencakup menahan diri dari berangkat ke kantor dengan murung atau mengekpresikan perspektif negatif. Sikap mental positif mencakup kemampuan untuk menciptakan suasana yang positif bagi diri sendiri dan orang lain. Secara konsisten, kita perlu memproyeksikan perilaku dan energi positif baik dalam pikiran, tindakan dan perkataan.

Melibatkan
Kita juga perlu menunjukan bahwa kita menganggap kontribusi dan masukan mereka penting bagi kita. Libatkan orang lain dengan meminta pendapat. Hal ini dapat meningkatkan semangat kerja tim dalam unit dan menunjukan keterbukaan. Tentunya kita juga perlu memotivasi aktivitas sosial dalam tim diluar lingkungan kerja dan memperlakukan semua orang secara adil tanpa anak emas.

Perhatian
Menanyakan orang lain tentang keluarga, hobi, dan minatnya secara tulus akan memberikan kesan bahwa kita perhatian pada diri mereka. Ini perlu kita lakukan baik untuk tingkat kehidupan pribadi maupun profesional.

Dalam kehidupan profesional, kita dapat melakukannya dengan senantiasa memotivasi dengan memberi umpan balik positif maupun negatif. Kita dapat pula memberikan tantangan baru pada anak buah yang mulai bosan dengan pekerjaan sehari-hari.

Sedangkan dalam kehidupan pribadi, kita perlu turut berempati dengan hari-hari penting mereka seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran bahkan kematian orang yang penting bagi mereka. Hal ini juga mencakup hal-hal sederhana seperti baju baru atau rambut baru. Kita perlu menunjukan bahwa kita peduli dengan kebahagiaan mereka dengan memberikan perhatian atas apa yang terjadi dalam kehidupan mereka.

Resolusi Konflik
Konflik di tempat kerja adalah normal dan tidak terhindarkan. Maka, kita perlu selalu menghadapi konflik secara tenang dan bijaksana agar dapat mengelola dan memanfaatkan konflik untuk pengembangan diri dan tim. Banyak orang belum menyadari bahwa konflik juga dapat membawa dampak positif.

Mari kita mengembangkan Interpersonal Skill kita............


No comments:

Post a Comment